huh, pagi yang mendung…

Matahari membuka mata dengan sayu, namun pagi ini aku telah menempuh perjalanan kurang lebih satu setengah jam dari Kudus untuk sampai ditempat ini.
Yeah, nama desa ini adalah Sendang Rejo namun banyak orang menyebutnya “mBondol”.
Terhitung satu bulan lebih memang aku tidak melewati desa ini. Ya tentu saja karena aku tidak berkunjung ke kampung halaman yang berada di peerbukitan di timur Gunung Muria atau tepatnya 10Km dari desa ini.
Ketika berada disini, aku teringat beberapa tahun yang telah berlalu ketika masih duduk dibangku sekolah lanjutan dan sekolah menengah.
Yup, jikalau jam sudah menunjukkan 6.00 pagi, aku harus sudah berada di pertigaan ini untuk menunggu bus ke Pati. Nggak mudah memang. Setelah adzan subuh berkumandang aku harus sudah berangkat dari rumah.
Bukan karena jarak, namun karena transportasi yang sulit didaerah-daerah pinggiran, termasuk di kampungku.
Jikalau anda cermati gambar yang kuambil pagi ini, inilah gambaran transportasi yang masih terjadi sampai dengan saat ini.

rame-rame naik ke atap mobil
Hah, masih sama dengan 12 tahun yang lalu. Semuanya masih sama, Tidak berubah..
Namun keterbatasan itu tidak membuat kami-kami patah arang untuk menggapai pendidikan yang lebih tinggi. Demi masa depan dan demi asa semua kami lakukan dengan ikhlas..