Soto Kudus

Soto Kudus

Kebanyakan telinga orang Indonesia pernah mendengar bahkan familiar dengan kata ini. Bagaikan cendawan di musim penghujan, soto dapat kita temui di berbagai tempat / kota dimana kita berada.

Makanan satu ini mungkin merupakan salah satu makanan yang paling cocok dengan kebanyakan lidah orang Indonesia. Saking cocoknnya maka ┬átiap daerah (mungkin pada jaman dahulu kala) menseting atau mendesain atau meramu soto sesuai dengan “lidah” daerah masing-masing.
Oleh sebab itulah nama soto selalu diakhiri dengan nama daerah. Contohnya: Soto Kudus, Soto Madura, Soto Betawi, Soto Semarang, Soto Kemiri (Pati), Soto Banjar, Soto Lamongan, Soto Bandung, Soto Padang dan masih banyak soto-soto lainnya.

Secara umum yang membedakan soto daerah satu dengan yang lainnya adalah:

  1. Kuah – kuah ada yang bening ada juga yang kuning kental
  2. Bahan Daging – ada yang memakai daging ayam ada juga yang memakai daging sapi atau kerbau.
  3. Sayuran – ada yang memakai lobak (Bandung) atau hanya memakai taoge saja.

Namun untuk rasa hanya berpaut sedikit, hal ini mungkin disebabkan oleh bahan dasar yang dipakai. Itulah uniknya Indonesi tercinta ini, setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing. Semoga keanekaragaman bangsa ini tidak membuat bangsa ini terpecah belah namun menjadi semakin nikmat untuk dinikmati seperti soto….